Video Langkah Cari Mata Air dengan Kelapa, Ini Kata Pakar Geologi



Sebuah video yang menunjukkan langkah cari titik mata air untuk sumur bor memakai kelapa, trending dan ramai dibicarakan netizen pemakai TikTok.


Video itu diupload oleh account Tiktok @berbagi_ilmu_dan_info.


@berbagi_ilmu_dan_info langkah untuk cari titik mata air untuk sumur bor dan keduk


? orisinal sound - yudijaya_jember




Dalam video itu, kelihatan seorang pria menyimpan batok kelapa di atas telapak tangannya. Ia selanjutnya berjalan ke arah titik tempat mata air dipercaya ada.


Saat datang pada sebuah titik, batok kelapa yang awalannya ada dalam status tengkurap, mendadak berdiri tegak.


"Ini langkah untuk cari titik mata air. Saksikan nih, bukan sulap bukan sichir tetapi ini...tidak tahu pengetahuan darimanakah ini ya. Tuch...tuch...yakin tidak, berdiri (batok kelapa), berdiri tuch. Bukan sulap bukan sichir," kata seorang dalam video itu.


Video itu mengundang perhatian netizen. Sampai Sabtu (1/5/2021) video itu sudah dilihat 2,2, juta kali, mendapatkan lebih dari 90 ribu likes, dan 1.858 tanggapan netizen.


Berikut sejumlah tanggapan netizen:


"Itu sudah lama di praktekkan turun-temurun memang betul kok," catat account @masbayu969


"Prcaya cocok buat pngboran pada tempat ku getho," catat account Lyo dygun.




Keterangan pakar geologi


Berkaitan video itu, dosen durusan Tehnik Geologi Kampus Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta, Eko Tegar Paripurno memiliki pendapat, sistem itu bisa saja betul ada.


Karena Eko akui beberapa kali sudah terima video sama dan sistem itu bisa diterapkan.


"Menurut opini saya, betul ada, jika memang sistem itu bisa dibuktikan bisa dipakai untuk cari air, dan bisa dipakai oleh seluruh orang," kata Eko saat dikontak Kompas.com, Sabtu (1/5/2021).


Eko mengatakan, sistem itu sebagai seperti praktek pengetahuan atau kearifan lokal, yang penting dirunut asal awalnya dan ditingkatkan.


Ia menjelaskan, bila sistem itu sukses ditingkatkan dan dilaksanakan beberapa orang, karena itu hal itu bisa dipakai untuk menjawab persoalan air.


Walau begitu, Eko akui belum ketahui keterangan ilmiahnya apa yang mengakibatkan batok kelapa dapat mendadak berdiri saat ada di atas titik tempat mata air dipercaya ada.


"Saya tidak tahu sila dicoba. Saya belum coba," tutur Eko.




Penelusuran mata air secara geologis


Kecuali dengan sistem itu, lalu bagaimanakah penelusuran air dilaksanakan memakai tehnik geologi?


Eko menerangkan, pada pengetahuan Geologi, istilah mata air/sumber air ditujukan untuk muka air tanah yang terpenggal oleh morfologi, hingga ada ke atas.


"Kami umumnya kerjakan ialah cari kedalaman muka air tanah, besaran dan dan tipe akifernya. Sistem geofisika yang kami pakai umumnya dengan memakai geolistrik," terang Eko.


Eko menjelaskan, sistem geolistrik ialah lakukan pengukur daya hantar listrik tanah/bebatuan. Kandungan air yang ada dalam tanah dan bebatuan, akan memberi angka tertentu.


"Geolistrik sebagai salah satunya sistem geofisika yang mempunyai tujuan ketahui karakter-sifat kelistrikan susunan bebatuan di permukaan tanah dengan menginjeksikan arus listrik ke tanah," kata Eko.


Eko menambah, Geolistrik sebagai salah satunya sistem geofisika aktif, karena arus listrik berawal dari luar mekanisme.


Lihat Berita Dibawah dan Dapatkan Hadiah Menarik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel