Usai Bertemu Billy Mambrasar, Haji Ramli MS Bicara Tegas Soal Seleksi CPNS



MEULABOH - Bupati Aceh Barat Haji Ramli MSmeminta pemerintah pusat memberikan prioritas kepada putra-putri daerah menjadi PNS (pegawai negeri sipil) saat seleksi CPNS (calon pegawai negeri sipil) di wilayah setempat.

Haji Ramli menegaskan bahwa hal ini penting karena salah satu tujuannya adalah mengurangi angka pengangguran di daerah.

"Sekaligus menciptakan lapangan kerja baru bagi warga lokal khususnya di Aceh,” kata Bupati Ramli MS usai menerima kunjungan Staf Khusus Presiden Jokowi,Billy Mambrassar di pendapa bupati Aceh Barat, di Meulaboh, Kamis (18/2).

Haji Ramli mengatakan prioritas pengangkatan CPNSbagi warga lokal di sebuah daerah, bukan bertujuan membatasi peserta dari luar menjadi CPNS di Aceh Barat atau di Aceh.

Namun, kata Haji Ramli, mengatakan bahwa hal ini diperlukan untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi dan keseimbangan pembangunan.

Sehingga, kata dia, warga lokal di Aceh bisa mendapatkan pekerjaan untuk mengabdi di lembaga pemerintah di daerahnya masing-masing.

“Kalau selama ini kan tidak begitu, rata-rata kalau dilihat dari hasil tes komputer yang lulus semuanya pelamar dari luar Aceh. Sementara warga lokal yang ikut tes menjadi penonton di daerah sendiri. Ini yang kami sesali,” kata Haji Ramli.

Oleh karena itu, Haji Ramli berharap pemerintah pusat membuat sebuah regulasi atau aturan hukum, agar dalam pelaksanaan tes CPNS yang diselenggarakan pada 2021 ini lebih memprioritaskan kelulusan bagi warga lokal di daerah masing-masing.


source :https://www.jpnn.com/


“Saya tidak anti dengan warga dari luar Aceh untuk ikut tes CPNS di Aceh, tetapi saya berharap adanya keseimbangan dalam proses seleksi CPNS, sehingga yang diprioritaskan adalah putra-putri daerah,” kata Haji Ramli.

Menurutnya, apabila warga lokal lulus jadi PNS, maka dipastikan tidak akan minta pindah ke luar daerah, sehingga tidak lagi terjadi kekosongan atau kekurangan PNSsetiap tahunnya di setiap daerah di tanah air.

Billy Mambrassar yang menerima masukan dari Haji Ramli mengatakan akan menyampaikannya kepada Presiden Joko Widodo setiba dirinya di Jakarta.

Selain Presiden Jokowi, masukan itu juga akan disampaikan kepada kementerian terkait.

Billy mengakui usulan dari Haji Ramli itu merupakan masukan kepada pemerintah pusat terhadap persoalan yang dialami di daerah. 



Source :https://www.jpnn.com/

HALAMAN SELANJUTNYA
1 2

Belum ada Komentar untuk " Usai Bertemu Billy Mambrasar, Haji Ramli MS Bicara Tegas Soal Seleksi CPNS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel