Nadiem Makarim, Kami pastikan sertifikasi guru tenaga pendidikan masih terus berjalan

 Tahun Ini, Nadiem Targetkan 10 Ribu Guru Tersertifikasi


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menargetkan sertifikasi terhadap 10 ribu guru pada tahun ini. Program ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kompetensi guru.

Selain itu, Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga telah menyiapkan pendidikan untuk guru penggerak, yang merupakan bagian dari Merdeka Belajar. Bakal ada 19.624 guru yang mengikuti program sertifikasi.

"Kami pastikan sertifikasi guru tenaga pendidikan masih terus berjalan," kata Nadiem Makarim dalam taklimat media daring, Selasa, 5 Januari 2021.

Selain prioritas peningkatan kompetensi guru, Nadiem juga akan memprioritaskan peningkatan kesejahteraan guru, khususnya honorer. Dengan rekrutmen satu juta guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) oleh 548 pemerintah daerah.


 

Rekrutmen satu juta guru PPPK ini dipriroritaskan untuk guru honorer K2 dan honorer non K2, guru swasta, dan lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG). Namun, perlu dicatat hanya yang lulus tes yang akan diangkat menjadi guru PPPK. 

"Walapun kapasitas 1 juta, kalau yang lulus 1 juta, satu juta yang diangkat. Kalau yang lulus 100 ribu, 100 ribu yang kaan diangkat, kalau yang lulus 200 ribu, 200 ribu yang akan diangkat," ujar Nadiem.

Para guru honorer mendapatkan tiga kali kesempatan untuk mengikuti tes. Nadiem pun berharap semua guru honorer bisa memanfaatkan kans ini untuk menjadi guru PPPK. 

"Semua guru honorer akan diberikan kesempatan bukan hanya satu kesempatan tapi sampai tiga kali kesempatan," ujar Mas Menteri.

HALAMAN SELANJUTNYA
1 2

Belum ada Komentar untuk "Nadiem Makarim, Kami pastikan sertifikasi guru tenaga pendidikan masih terus berjalan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel