Resep Dorayaki Enak Khas Jepang

Resep Dorayaki Enak Khas Jepang

Selain bentuknya, cara pembuatannya juga hampir sama dengan membuat pancake dan kue martabak. Nah berikut resep kue dorayaki khas Jepang yang bisa dicoba di rumah! Yuk intip..

Taukah Anda dengan kue dorayaki? Ya, cemilan ini memang terkenal berkat film animasi Jepang Doraemon. Kue dorayaki sekilas mirip dengan kue apem di Indonesia.

Selain bentuknya, cara pembuatannya juga hampir sama dengan membuat pancake dan kue martabak. Kue dorayaki di dalamnya terisi dengan topi rasa yang berbeda. Ada dorayaki berisi kacang merah, keju, kacang hijau, cokelat, selai stroberi ataupun blueberry.

Nah berikut resep kue dorayaki khas Jepang yang bisa dicoba di rumah! Yuk intip

Bahan:
150 gr tepung terigu
1 sdt garam beryodium
margarin secukupnya
3 sdm gula pasir
175 ml susu cair
2 butir telur ayam
40 gr mentega tawar. Panaskan mentega sampai cair.
1 sdt baking powder

Bahan isi: (sesuai selera)
50 gr kacang merah (rendam kurang lebih selama 3 jam
40 gr gula pasir
75 ml susu cair
50 gr keju parut
susu kental manis secukupnya


Cara membuat:
1. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat rotinya dulu. Ambil satu wadah untuk tempat adonan utama.
2. Masukkan 150 gram tepung terigu protein sedangnya, baking powder, gula pasir putih dan garamnya. Aduk dan campur semua bahan sampai benar benar tercampur rata.
3. Masukkan mentega tawar yang sudah dilelehkan dan tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan utama. Lakukan sambil diaduk sampai rata dan semua mentega cair habis.
4. Ambil wadah lagi untuk mengkocok telurnya. Pecahkan telur yang sudah disiapkan dan kocok sebentar. Masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan utama sambil tetap diaduk sampai tercampur rata.
5. Masukkan susu cair ke dalam adonan utama sampai habis. Seperti memasukkan mentega, susu dimasukkan sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk sampai rata dan tidak ada gumpalan gumpalan.
6. Siapkan cetakannya dan panaskan dengan api sedang kecil. Jangan lupa olesi permukaan cetakan dengan sedikit margarin supaya tidak lengket.
7. Masukkan adonan secukupnya sampai cetakan terendam kurang lebih 3/4 bagian. Masak sampai bagian bawah matang berwarna agak kecoklatan. Tidak perlu dibalik. Ulangi semua sampai adonan habis.
8. Ambil dua bagian dorayaki yang sudah matang. Beri satu bagian dengan keju parutan, coklat, butiran coklat dan bahan lain kemudian beri sedikt siraman susu kental manis. Tutup dengan dorayaki satunya dan tekan agak kuat sampai menempel. Disini sebenarnya tidak perlu dimasak lagi, tetapi kalau perlu kue dorayaki bisa dimasak sebentar saja.
9. Untuk membuat isian kacang merah caranya adalah rebus kacang merah yang sudah direndam sampai matang. Tiriskan kemudian haluskan. Masak lagi ditambah dengan gula pasir yang sudah disiapkan dan masukkan susu cair. Aduk aduk sampai mengental.

Lihat Berita Dibawah dan Dapatkan Hadiah Menarik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel